Yuk Mengenal Jaringan MAN ??? Pengertian dan Cara kerja serta kelebihan & Kekurangan

Yuk Mengenal Jaringan MAN ??? Pengertian dan Cara kerja serta kelebihan & Kekurangan - Assalamualaikum pada artikel kali akan memberi Penjelasan Tentang Jaringan MAN, yang mana Jaringan Man merupakan sekumpulan dari beberapa Jaringan LAN yang saling terhubung. tak perlu berlama lagi yuk lagi di baca Artikel nya semoga bermanfaat gengs enjoyss
Yuk Mengenal Jaringan MAN ??? Pengertian dan Cara kerja serta kelebihan & Kekurangan

Pengertian Jaringan MAN

Metropolitan Area Network (MAN) merupakan sebuah jaringan komputer dalam suatu kota dengan transfer data yang berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai suatu lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan lain sebagainya. Pengertian lain Metropolitan Area Network atau MAN, merupakan Jenis Jaringan Komputer yang lebih luas dan lebih canggih dari Jenis Jaringan Komputer LAN. Disebut Metropolitan Area Network karena Jenis Jaringan Komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya.

Jaringan MAN ialah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 sampai dengan 50 km, MAN ini adalah suatu jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota atau antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

Didalam jaringan MAN hanya mempunyai satu atau dua buah kabel yang berfungsi sebagai untuk mengatur paket data melalui kabel output. Tapi ada alasan utama untuk memisahkan MAN sebagai kategori khusus yaitu telah ditentukannya standart untuk MAN, dan standart ini sekarang sedang diimplementasikan. Standart tersebut disebut dengan DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standart IEEE. DQDB terdiri dari dua buah kabel yaitu unidirectional dimana semua komputer dihubungkan.

Sebetulnya ada dua jenis koneksi yang biasanya dipakai yakni yang pertama yaitu koneksi dengan cara memakai wireless dan yang kedua memakai kabel fiber optik. Sebagai contohnya yiatu pada jaringan pada Bank (sistem Online Perbankan). Setiap bank tentunya mempunyai kantor pusat dan kantor cabang. Di setiap kantor baik kantor cabang ataupun kantor pusat tentunya mempunyai LAN, penggabungan LAN – LAN di setiap kantor ini akan membentuk sebuah MAN. MAN biasanya dapat menunjang data teks dan suara, bahkan bisa berhubungan dengan jaringan televisi kabel atau gelombang radio.

Yuk Mengenal Jaringan MAN ??? Pengertian dan Cara kerja serta kelebihan & Kekurangan

Komponen Jaringan MAN

Jaringan MAN Merupakan Jaringan yang lebih luas dibandingkan jaringan Lan atau bisa disebut Versi Jaringan Lan namun jaringannya lebih luas, melingkupi satu Kota. Komponen Jaringan MAN :

1. Terdiri dua atau lebih Jaringan LAN
2. Menggunakan berbagai jenis router, hub switch dari jenis kabel atau wireless dengan koneksi maks. 2 kabel.
3. Sudah menerapkan standar MAN à DQDB (Distributed Queue Dual Bus)

Contoh Jaringan MAN

1, Jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar dihubungkan antara satu dengan lainnya. Misalnya Bank Mandiri yang ada diseluruh wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi

2. Jaringan Internet Antar Gedung Dalam Kampus

USUNETA adalah logo untuk menunjukkan suatu produk layanan akses jaringan intranet (USUnet) kampus USU. Jaringan kampus ini menggunakan wired dan wireless media. Teknologi wired media menggunakan kabel serat optik (FO) dan kabel UTP (unshielded twisted pairs). Kabel serat optik (jenis multimode dengan kapasitas maksimal 1 Gbps) digunakan untuk menghubungkan gedung-gedung utama di dalam kampus yang saat ini memiliki jarak sekitar 8.500 meter. Jaringan kabel ini akan terus dikembangkan yang ditujukan selain untuk perluasan jangkauan, juga untuk back-up jaringan dengan alternatif routing ketika terjadi gangguan pada jalur tertentu.

USUNETA terhubung ke internet melalui Astinet milik PT Telkom, dengan kapasitas bandwidth saat ini adalah 30 Mbps. Jaringan kampus terhubung ke salah satu BTS (base transmission station) PT Telkom terdekat menggunakan kabel serat optik sepanjang 5.000 meter. Kapasitas bandwidth internet telah mencapai kapasitas minimum sesuai dengan standar DIKTI yaitu 1 Kb per mahasiswa. Untuk mendukung berbagai aplikasi yang dibutuhkan USU, saat ini digunakan 25 unit server pusat yang terpasang di gedung PSI.

Cara Kerja Jaringan MAN

Jangkauan area jaringan MAN lebih besar dari pada jaringan area LAN. dimana Jaringan MAN berguna untuk membangun jaringan di kantor-kantor dalam wilayah satu kota, gedung, pabrik, kampus dan kantor pusat yan masih ada dalam 1 jangkauannya.

Dengan cara menghubungkan dengan lebih dari 1 gateaway dengan jarak 10km+biasanya digunakan pada perkotaan/perkantoran

Media Transisi Jaringan MAN

Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, dengan menggunakan Teknologi wireless bernama wimax dengan standard IEEE 802.16.

Wimax adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX Forum menetapkan 2 band frekuensi utama pada certication profile untuk Fixed WiMAX (band 3.5 GHz dan 5.8 GHz), sementara untuk Mobile Wimax ditetapkan 4 band frekuensi pada system profile release-1, yaitu band 2.3 GHz, 2.5 GHz, 3.3 GHz dan 3.5 GHz.

Keuntungan Kerugian Jaringan MAN

  • Keuntungan Jaringan MAN :

1. Jaringan yang relatif luas sehingga memudahkan dalam berkomunikasi serta sangat efisien
2. Dapat menunjang bisnis ataupun relasi antar kantor, instansi atau organisasi

  • Kerugian Jaringan MAN :

1. Biaya operasional yang relatif sangat besar
2. Biaya perawatanyapun terbilanga sangat mahal
3. Sering menjadi sasaran Cracker untuk mendapatkan keuntungan pribadi

Begitulah Artikel Penjelasan Yuk Mengenal Jaringan MAN ??? Pengertian dan Cara kerja serta kelebihan & Kekurangan. Semoga bermanfaat dan berguna bagi anda yang membaca jangan lupa di share, apabila ada kritik dan saran bisa isi di komen atau Klik Contact Form, Sekian Artikel kali ini terima kasih jangan lupa baca artikel yang lain nya gengs

Comments

Popular posts from this blog

Simulasi Konfigurasi Firewall dengan Cisco Packet Tracer

Cara Mudah Menghubungkan Koneksi internet di Debian Pada Vmware

Cara Instalasi dan Konfigurasi DNS Server Debian 8 Pada Vmware