Yuk Mengenal Pengertian Jaringan Wan beserta Cara Kerja, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Yuk Mengenal Jaringan Wan ??? Pengertian dan Cara kerja serta kelebihan & Kekurangan - Assalamualaiku pada artikel sebelumnya kita telah membahas Tentang Jaringan Lan (Local Area Network) dan Man (Metropolitan Area Network), Lalu sekarang Kita akan membahas Tentang Jaringan Wide Area Network atau yang biasa di kenal Jaringan Wan. Tak perlu berlama lagi cuss dibaca gengs semoga bermanfaat enjoyss

Pengertian Jaringan Wan

Wide Area Network atau biasa di kenal Wan merupakan sebuah jaringan yang memiliki jarak atau cakupan yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit. Kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps (atau kadang-kadang lebih). Faktor khusus yang mempengaruhi desain dan performance-nya terletak pada siklus komunikasi, seperti jaringan telepon, satelit atau komunikasi pembawa lainnya.

Pada sebagian besar WAN, komponen yang dipakai dalam berkomunikasi biasanya terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi berfungsi untuk memindahkan bit-bit dari suau komputer ke komputer lainnya, sedangkan elemen switching disini adalah sebuah komputer khusus yang digunakan untuk menghubungkan dua buah kabel transmisi atau lebih. Saat data yang dikirimkan sampai ke kabel penerima, elemen switching harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan paket-paket data tersebut.

Jika dilihat dari fungsinya, sebenarnya WAN tidak jauh berbeda dengan LAN. WAN juga berfungsi sama seperti LAN mengkoneksikan antar komputer, printer dan juga device lainnya dalam satu jaringan. WAN pada dasarnya adalah kumpulan LAN yang ada diberbagai lokasi. Dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkan antara LAN dengan WAN dan device tersebut adalah router.


Yuk Mengenal Pengertian Jaringan Wan beserta Cara Kerja, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Fungsi Jaringan Wan

1. Untuk menghubungkan sebuah jaringan LAN dan jaringan MAN menjadi satu jaringan.
2. Untuk membantu mempercepat suatu proses berbagi data atau sharing file.
3. Untuk mempercepat dan mempermudah sebuah arus komunikasi dan informasi.
4. Untuk update data antar perusahaan atau kantor bisa dilakukan setiap saat.
5. Untuk menghemat biaya operasional.

Protokol Jaringan Wan

Jenis Protokol Jaringan WAN (Wide Area Network) :

1. Point-to-Point protocol (PPP)
Protokol PPP ialah suatu protokol standar yang paling banyak digunakan untuk membangun sebuah koneksi antara router ke router atau antara suatu host ke dalam jaringan dalam media WAN Synchronous ataupun Asynchronous.
2. Serial Line Internet Protocol (SLIP)
SLIP ialah pendahulu dari PPP yang banyak digunakan untuk membangun koneksi serial Point-to-Point yang menggunakan suatu protokol komunikasi TCP/IP.
3. High-level Data Link Control (HDLC)
Protokol layer data link ini ialah suatu protokol ciptaan Cisco System, jadi penggunaan protokol ini hanya ketika suatu jalur WAN digunakan oleh dua buah perangkat router Cisco saja. jika perangkat selain produk Cisco yang ingin digunakan, maka protokol yang digunakan ialah PPP yang merupakan protokol standar.
4. X.25/LAPB X.25 
X.25/LAPB X.25 ialah sebuah standar buatan organisasi standardisasi ITU-T yang menjabarkan cara koneksi antara perangkat DTE (Data Terminal Equipment) dengan DCE (Data Communication Equipment) yang memungkinkan suatu perangkat-perangkat komputer bisa saling berkomunikasi. Kelebihan dari X.25 ini ialah suatu kemampuannya untuk mendeteksi error yang sangat tinggi. Maka dari itu, suatu protokol komunikasi ini banyak digunakan dalam media WAN analog yang tingkat error-nya tinggi.
5. Frame Relay
Frame relay ialah suatu protokol yang khusus digunakan untuk membuat sebuah koneksi WAN jenis Packet-Switched dengan performa yang tinggi. WAN protokol ini bisa digunakan di atas berbagai macam interface jaringan. Karena untuk mendukung suatu performanya yang hebat ini, frame relay membutuhkan media WAN yang berkecepatan tinggi, reliabel, dan bebas dari error.
6. Asynchronous Transfer Mode (ATM)
ATM ialah sebuah protokol standar internasional untuk jaringan cell relay, di mana berbagai macam servis misalnya seperti suara, video, dan data digandeng bersamaan dengan menggunakan sebuah cell-cell yang berukuran tetap. Protokol ATM banyak digunakan untuk memaksimalkan suatu penggunaan media WAN berkecepatan sangat tinggi seperti Synchronous Optical Network (SONET).

Cara Kerja Jaringan Wan

Agar lebih dapat memahami gimana cara kerja Jaringan Wan, Anda dapat membaca prinsip utama dari cara kerja Jaringan Wan : 

1. Sebuah komputer server atau host akan ditempatkan pada satu lokasi tertentu, dimana komputer server tersebut akan mendukung semua kebutuhan pengaksesan database dan juga informasi yang dimiliki.
2. Kemudian, server akan mentransmisikan informasi dan juga paket data yang dimilikinya ke dalam jaringan komputer yang sudah dibangun, sesuai dengan topologi yang sudah diimplementasikan sebelumnya.
3. Dengan komputer yang saling terhubung, maka kompter user atau client yang berada di luar pulau akan bisa mengakses informasi dari satu compute server saja
4. Kira-kira begitulah cara kerja WAN atau Wide Area Network. Untuk lebih jelasnya mengenai jaringan WAN, berikut ini adalah satu contoh kasus penggunaan dari jaringan WAN, sekaligus memperkenalkan cara kerjanya:
5. Ambillah contoh XYZ merupakan sebuah Bank yang berskala internasional. Kantor pusat Bank XYZ berada pada kota Jakarta (lokasi server dan juga host), dengan banyak kantor cabang di berbagai kota besar di Indonesia, seperti Jambi, Balikpapan, Medan, Bandung, Jogja, Makassar, serta beberapa kantor perwakilan di beberapa Negara Asia dan Eropa.
6. Bank XYZ tidak mungkin membangun komputer server sendiri di setiap cabang, karena akan memakan biaya tinggi, karena itu, untuk mendukung operasional Bank XYZ, diimplementasikanlah sebuah jaringan WAN.
7. Dengan adanya implementasi dari jaringan WAN ini, maka setiap kantor cabang dimanapun akan memperoleh informasi yang sama seperti apa yang dimiliki oleh server. Sebagai contoh, kantor perwakilan di China memasukkan 100 data nasabah baru. Maka data nasabah baru tersebut akan tersimpan di dalam server di Jakarta.
8. Suatu saat, kantor cabang di Medan kedatangan nasabah yang berasal dari China tersebut, maka kantor cabang di medan hanya tinggal melakukan pencarian, maka nama dari nasabah yang mendaftar di China tersebut akan muncul dalam waktu yang singkat.

Media Transmisi Jaringan Wan

  • Media Transmisi Berkabel (Wired)

Pada jaringan Wan untuuk menghubungkan computer dengann computer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar computer jaringan.

Yuk Mengenal Pengertian Jaringan Wan beserta Cara Kerja, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

  • Media Transmisi Tanpa kabel/Nirkabel (Wireless)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik, Sinyal informasi antar computer dikirimkan melalui gelombang elektromagnetik.

Yuk Mengenal Pengertian Jaringan Wan beserta Cara Kerja, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Contoh Jaringan Wan

Di Indonesia perusahaan-perusahaan besar dan pemerintah menggunakan Local Area Network (LAN) yang dihubungkan ke WAN untuk telekomunikasi yang lebih luas, bisinis dan pelayanan informasi. WAN telah berkembang pesat dan telah dipakai secara luas untuk transfer suara seperti penggunaan Voice over IP technology. Dengan perkembangan pesat dari tehnolgi dan system tanpa kabel (wireless), menjadi mudah untuk penggunakan WAN tanpa kabel (wireless) di kota maupun desa. Hal ini telah digunakan oleh beberapa kota besar dan kecil untuk memperluas dan membangun layanan secara ekonomis.

TV Kabel internasional merupakan sarana ekonomis untuk mereka yang ingin mempunyai stasiun TV internasional di rumah atau bisnis mereka. Dengan biaya yang relatip rendah penggunaan 24 jam Internet tanpa batas disediakan. Tehnologi lain untuk mengakses dan mentransfer broadband, high-speed services adalah Digital Subscriber Line (ADSL) dan pasaran ADSL telah berkembang pesat khususnya di rumah-rumah dan bisnis-bisnis kecil karena satu line telepon bisa digunakan untuk telpon dan internet secara berbarengan. Dengan berkembangnya tehnologi dan kemampuan untuk mentransfer apa yang dibutuhkan pelanggan. Isu utama ADSL adalah kualitas dari line, harga langganan untuk penggunaan line dari point of supply and jarak pelanggan.

Contoh lain WAN di Indonesia adalah jaringan PT. Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, yang cakupannya sampai seluruh dunia.

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Wan

  • Kelebihan Jaringan Wan

1. Berbagi informasi/file melalui area yang lebih besar.
2. Semua orang yang ada di jaringan ini dapat menggunakan data yang sama.
3. Mempunyai sistem jaringan yang besar/luas sehingga mampu menjangkau Negara, benua, bahkan seluruh dunia.
4. Jika terkoneksi dengan jaringan internet transfer file pada tempat yang
5. jaraknya jauh bisa di lakukan secara cepat.
6. Dapat berbagi resources dengan koneksi workstations.

  • Kekurangan Jaringan Wan

1. Biaya operasional mahal.
2. Dalam hal settingan/pengaturan jaringan WAN lebih sulit dan rumit, selain itu alat-alat yang diperlukan juga sangat mahal.
3. Memerlukan Firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan dapat mengganggu jaringan ini.
4. Rentan terhadap hacker atau ancaman dari luar lainnya.

Begitulah Artikel Penjelasan Yuk Mengenal Jaringan Wan ??? Pengertian dan Cara kerja serta kelebihan & Kekurangan. Semoga bermanfaat dan berguna bagi anda yang membaca jangan lupa di share, apabila ada kritik dan saran bisa isi di komen atau Klik Contact Form, Sekian Artikel kali ini terima kasih jangan lupa baca artikel yang lain nya gengs

Comments

Popular posts from this blog

Simulasi Konfigurasi Firewall dengan Cisco Packet Tracer

Cara Mudah Menghubungkan Koneksi internet di Debian Pada Vmware

Cara Instalasi dan Konfigurasi DNS Server Debian 8 Pada Vmware