Panduan Cara Konfigurasi Mail Server dan WebMail di Debian 8

Panduan Cara Konfigurasi Mail Server Debian 8 - Assalamualaikum, Artikel kali ini akan membahas Tentang Mail Server dan WebMail di Debian 8. Namun sebelum masuk ke Tahap Cara Konfigurasi Mail Server dan Webmail di Debian 8, Saya akan menjelaskan sedikit Tentang Pengertian Mail Server dan Webmail Server serta Cara Kerjanya, yuk disimak gengs.

Panduan Cara Konfigurasi Mail Server dan WebMail di Debian 8
Pengertian Mail Server

Mail Server yaitu salah satu program aplikasi yang dapat menerima e-mail dari pengguna lokal (pada domain yang sama) kemudian mampu mengirim e-mail dari jaringan lain (internet). Kemudian Mail Server juga dapat mem-forward (meneruskan) e-mail tersebut ke Mail Server lainnya yang ada di internet untuk dikirim. Jadi Mail Server adalah sebuah layanan yang melayani para user dalam proses pengiriman dan penerimaan e-mail seperti halnya kantor pos.

Pengertian Webmail Server

WebMail (Web Based Mail), adalah aplikasi eMail client yang berbasis web. Jika anda pernah melihat layanan eMail Yahoo, Gmail, ataupun Hotmail. Mereka menggunakan webmail sebagai eMail client untuk setiap penggunanya. Kelebihan dari Webmail ini sendiri adalah bisa kita gunakan dimana saja, kapan saja, dan bagaimana saja keadaanya, asalkan kita tetap terkoneksi ke Internet.

Cara Kerja dari Mail Server

Mail server mempunyai dua tugas yang berbeda fungsinya, yaitu server yang berfungsi sebagai outgoing server (mengirim email) dan yang kedua adalah incoming server (menerima email). Outgoing server dilakukan oleh server SMTP pada port 25. Sedangkan incoming server dilakukan oleh POP3 pada port 110 atau IMAP pada port 143. 

Port adalah layaknya pintu yang berfungsi sebagai jalan buka tutup akses, koneksi, serta distribusi dan transmisi data dari komputer satu ke komputer maupun jaringan lainnya.

Bagaimana cara kerja dari Mail Server ? 

Pada jenis dan fiturnya berbeda tergantung dari program dan aplikasinya. Proses mengiriman email melalui TCP/IP dapat disederhanakan sebagai berikut :

Pengirim -> user agent -> Menunggu list email -> MTA -> user mailbox -> user agent -> Penerima


Cara Konfigurasi Mail Server  dan WebMail di Debian 8

1. Pastikan anda telah melakukan Konfigurasi DNS Server pada Debian anda

2. Kemudian install Postfix, Courier dan Squirrelmail dengan perintah :

    apt-get install postfix courier-pop courier-imap courier-pop squirrelmail

3. Lalu Pilih Internet Site dan enter


4. Kemudian masukan mail.duniamap27.com sesuai dengan nama dns yang telah anda buat, lalu enter

5. Lalu pilih Yes untuk membuat Direktori Web.
 

6. Masukan perintah maildirmake /etc/skel/Maildir merupakan perintah untuk membuat Folder Mail, lalu ketik perintah nano /etc/postfix/main.cf untuk Konfigurasi File Main Postfix.


7.  Maka akan tampil File Konfig Main, Lalu pada mydestination ganti dengan domain utama anda contoh : map27.com, lalu pada mynetworks sesuaikan 



8. Lalu kita Konfigurasi file apache2.conf dengan perintah nano /etc/apache2/apache2.conf, lalu scroll paling bawah dan tambahkan teks Include /etc/squirrelmail/apache.conf lalu save dengan ctrl+O lalu ctrl+x dan enter


9. Lalu Kita konfigurasi apache.conf pada squirrelmail dengan perintah nano /etc/squirrelmail/apache.conf, lalu Hapus tanda pagar # dari <VirtualHost 1.2.3.4> sampai </VirtualHost>.

Kemudian ganti <VirtualHost 1.2.3.4>  menjadi <VirtualHost *:80> dan  
pada Servername webmail.example.com ganti menjadi mail.dnsanda atau mail.duniamap27.com

Setelah itu save dengan cara ctrl+o dan ctrl+x lalu enter





10. Lalu kita akan membuat user untuk login ke mail server kita dengan perintah adduser namauser, contoh : adduser duniamap27 lalu masukan password dan ketik ulang password kemudian yang lainnya enter saja lalu ketik y dan enter

11. Lalu kita restart semua yang telah di konfigurasi sebelumnya agar dapat berjalan dengan perintah :

/etc/init.d/postfix restart
/etc/init.d/courier-pop restart
/etc/init.d/courier-imap restart
/etc/init.d/apache restart

apabila statusnya ok maka konfigurasi anda telah berhasil


12. Lalu buka pada Browser anda lalu ketik mail.duniamap27.com / sesuaikan dengan dns mail anda untuk mengakses Webmail Server, lalu masukan username dan password yang telah dibuat tadi lalu klik Login


13 Ketik anda telah bisa login, maka Konfigurasi Mail Server dan Web Mail Server di Debian 8 Telah berhasil



Begitulah Artikel Tentang Panduan Cara Konfigurasi Mail Server  dan WebMail di Debian 8. Semoga bermanfaat dan berguna bagi anda yang membaca dan jangan lupa di share, apabila ada kritik dan saran bisa isi di komen atau Klik Contact Form, Sekian Artikel kali ini terima kasih jangan lupa baca artikel yang lain nya gengs

Comments

Popular posts from this blog

Simulasi Konfigurasi Firewall dengan Cisco Packet Tracer

Cara Mudah Menghubungkan Koneksi internet di Debian Pada Vmware

Cara Instalasi dan Konfigurasi DNS Server Debian 8 Pada Vmware