Cara Mudah Blokir Website Dengan Firewall Layer 7 Protocol Di Mikrotik

Blokir Website Di Mikrotik Menggunakan Firewall Layer 7 Protocol - Salah satu keunggulan fitur yang mikrotik miliki adalah kita bisa atau kita dapat memblokir website dengan menggunakan mikrotik, seperti contoh kita ingin memblokir website youtube atau facebook, nah cara ini bisa kita lakukan dengan menggunakan mikrotik dengan bantuan fitur firewall layer 7 protocol pada mikrotik.
Dengan mikrotik juga kita bisa memblokir extensi sebuah file dan juga kita dapat youtube tapi hanya memblokir video youtubenya saja tidak dengan website youtubenya. Jadi jika ada orang yang mengunjungi website youtube, websitenya masih bisa dibuka namun isi dari website youtube tersebut tidak bisa dibuka alias akan buffering terus menerus. 
Cara blokir website di mikrotik
baiklah bagaimana jika kita langsung masuk kedalam tutorialnya saja bagaimana cara ktia untuk bisa memblokir website di mikrotik? Untuk kali ini saya akan mencoba blokir website youtube dan juga website facebook sebagai bahan uji coba.

Cara Blokir Website Di Mikrotik

Disini saya menggunakan routerboard mikrotik RB941, mikrotik ini memiliki harga yang terbilang murah di kelasnya. Hanya sekitar 300ribuan kalian sudah bisa menggunakan mikrotik ini untuk melakukan belajar melakukan konfigurasi mikrotik. 

Baiklah langsung saja kita ke pembahasan utama yaitu, cara memblokir website di mikrotik dengan menggunakan firewall layer 7 protocol di mikrotik.

1. Pertama, kalian login dahulu kedalam winbox kalian untuk meremote si mikrotiknya, jika sudah login akan muncul tampilan utama winbox contohnya seperti gambar dibawah ini.



2. Nah, jika sudah berada tampilan utama winbox, selanjutnya kalian kalik menu IP lalu kalian cari menu firewall seperti gambar dibawah ini.



3. Saat kalian sudah mengklik menu firewall nya, akan muncul tampilan window dari firewall itu sendiri. Nah selanjutnya pada kalian klik layer 7 protocol pada window firewall.

Pada bagian menu tab Layer 7 protocol, kalian klik tombol tambah [+] pada bagian kolom name kalian isikan blokir-website dan pada kolom regexp masukan perintah untuk melakukan pemblokiran website untuk perintah atau scriptnya silakan kalian copy dibawah ini.
^.+(facebook.com|youtube.com).*$ 
kalian bisa lihat gambar dibawah ini jika kurang paham atau bingung.

Jika sudah diisi semua kalian bisa klik apply dan ok.


4. Jika sudah klik apply dan ok, selanjutnya kalian klik tab menur filter rules pada window firewall, seperti gambar dibawah ini.



5. Saat kalian sudah berada di dalam tampilan filter rules, kalian klik tombol tambah [+] untuk memasukan konfigurasinya dan akan muncul tampilan window new firewall rule. Seperti gambar dibawah ini.


Pada window new firewall rule yang diisikan itu hanya kolom src address dan juga chainPada bagian chain kalian isikan forward saja dan untuk bagian src address sesuaikan dengan ip kalian atau ip client kalian.

Setelah kalian sudah selesai dengan mengisi kolom chain dan juga kolom src address, kalian klik tab advance, seperti gambar dibawah ini.



6. Jika sudah di tab menu advanace selanjutnya, pada kolom layer7 protocol kalian pilih dengan nama konfigurasi yang sebelumnya sudah kalian berikan pada tab menu layer7 protocol, seperti gambar dibawah.


Jika sudah memilih layer7 protocol, selanjutnya kalian klik tab menu action, seperti gambar yang terlihat diatas. 


7. Nah untuk menu tab action ini kalian hanya perlu memilih pada menu actionnya saja dan kalian pilih drop, jika sudah langsung saja kalian klik apply dan juga klik ok, kalian bisa lihat gambar dibawah.


Hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah jika kalian sudah selesai melakukan setting atau konfigurasi pada tab menu firewall rule.


Sekarang kita uji, apakah konfigurasi ini berhasil atau tidak, pertama saya akan melakukan pengujian ping kepada kedua wesbite tersebut yaitu website facebook dan juga website youtube. 

Hasilnya pengujian ping pada website facebook dan juga youtube mendapatkan balasan try again yang artinya kita gagal melakukan ping pada kedua website tersebut.

Namun saat saya melakukan ping kepada google dan juga blog saya yaitu myblog27.my.id hasilnya berhasil mendapatkan balasan atau reply, seperti gambar dibawah ini.


Sekarang kita coba untuk melakukan disable atau mematikan konfigurasi blokir websitenya dan mencoba kembali melakukan ping pada website facebook dan juga website youtube.

Cara untuk mendisable konfigurasinya kalian cukup klik pada konfigurasinya terlebih dahulu lalu klik tombol tanda silang [x], Seperti gambar dibawah ini. 


Sekarang kita test untuk melakukan pengujian test ping kepada kedua website, dan hasilnya seperti gambar dibawah ini.


hasilnya kalian bisa lihat sendiri diatas ini, saat kita melakuakn disable konfigurasinya dan kita test ping kembali pada kedua website, hasilnya kita mendapatkan balasan atau reply dari kedua website tersebut.

Sekian yang bisa saya sampaikan untuk melakukan blokir website menggunakan mikrotik semoga dapat bermanfaat.

Comments

Post a Comment

Bijak dalam komentar, silakan komentar dan berikan yang relevan.

Popular posts from this blog

Simulasi Konfigurasi Firewall dengan Cisco Packet Tracer

Cara Mudah Menghubungkan Koneksi internet di Debian Pada Vmware

Cara Instalasi dan Konfigurasi DNS Server Debian 8 Pada Vmware