Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Menggunakan Strategi POPULER untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Murid

 Assalamualaikum Warahmatullahi Wabaraktuh... Perkenalkan saya Arini Fousty Badri seorang Guru SMK Negeri 4 Palembang. Saya mengajar pada Konsentrasi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan pada Fase F.



Sebagai seorang guru produktif, saya berhadapan dengan tantangan besar dalam menjalankan pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran Konsentrasi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Awalnya, hanya 56% murid yang aktif dalam pembelajaran, dan hanya 42% yang terbukti kreatif. Tantangannya adalah mengidentifikasi kebutuhan individu setiap murid, yang memiliki gaya belajar, tingkat pemahaman, dan minat yang berbeda. Namun, dengan perencanaan matang, saya berhasil meningkatkan tingkat partisipasi murid menjadi 89% dan kreativitas hingga 86%. 

Strategi kunci dalam mencapai ini adalah perencanaan yang cermat, kolaborasi yang kuat dengan rekan guru, serta pemanfaatan teknologi pendidikan. Saya menyusun administrasi pembelajaran berdiferensiasi dan berkoordinasi dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah kurikulum, serta menggali sumber daya pembelajaran yang sesuai. Kolaborasi dengan rekan guru membantu dalam pembentukan kelompok berdasarkan tingkat pemahaman murid, sehingga mereka dapat saling mendukung.


Pertanyaan pemantik yang dirancang secara bijak merangsang pemikiran dan inspirasi dalam pembelajaran, sementara umpan balik yang diberikan konstruktif membantu dalam meningkatkan pembelajaran murid. Penggunaan aplikasi berbasis IT, seperti mentimeter, quizizz, dan kahoot, memungkinkan asesmen yang lebih baik dan transparan. Refleksi, baik dari murid maupun guru, juga memainkan peran penting dalam meningkatkan pembelajaran.

                                                                                                          

Melalui upaya pembelajaran berdiferensiasi, saya berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung kebutuhan individu murid. Hasilnya sangat memuaskan, dan saya merasa lebih dekat dengan murid, memastikan bahwa setiap murid mendapatkan pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Saya percaya bahwa dengan komitmen, kolaborasi, dan pemanfaatan teknologi pendidikan, kita dapat membantu setiap murid mencapai potensi terbaik mereka dalam mata pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan, serta disiplin lainnya. Semoga kisah ini menginspirasi rekan guru dan pelajar untuk menjalani pembelajaran yang lebih baik dan efektif. 


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...


Comments

Popular posts from this blog

Simulasi Konfigurasi Firewall dengan Cisco Packet Tracer

Cara Mudah Menghubungkan Koneksi internet di Debian Pada Vmware

Cara Instalasi dan Konfigurasi DNS Server Debian 8 Pada Vmware